POC dari Nasi Basi

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Nasi Basi

Ket :   MOL  Mikro Organisme Lokal = POC Pupuk Organik Cair

Thread by  :  https://twitter.com/excel_dee?s=09

Mol akan membantu mempercepat proses pengomposan.Selain untuk pengomposan MOL juga bisa disiramkan langsung ke media tanam yang berguna untuk menyuburkan tanah.

ALAT & BAHAN:

1.Nasi 1mangkok
2.Gula pasir 5 sdm
3.Air 1liter
4.Wadah/Ember

CARA PEMBUATAN:

1.Letakkan nasi basi pada tempat yg tidak terkena sinar matahari langsung
2.Diamkan selama kuranglebih 2 hari hingga ditumbuhi jamur berwarna oranye
3.Masukkan 1liter air kedalam wadah /ember
4.Masukkan 5 sdm gula pasir aduk hingga larut semua
5.Masukkan nasi basi yg telah ditumbuhi Jamur tsb,aduk hingga tercampur rata
6.Diamkan beberapa hari (kurleb 5 hari) hingga berbau seperti tape.

CARA PENGGUNAAN:

Sebagai dekomposer :
campurkan MOL dengan air,perbandingan 1:5 (1bagian MOL : 5 bagian air) siramkan pada bahan organik yg akan dijadikan kompos

Sebagai pupuk daun :campurkan MOL dgn air dengan perbandingan 200 ml MOL utk 14 liter air,kemudian semprotkan pada tanaman.

Sebagai pupuk kocor:
campurkan 300 ml MOL dengan 10 liter air kemudian kocorkan pada tanaman dgn dosis 250 ml/tanaman.Hati hati jangan terkena batang tanaman.

Campurkan dengan larutan gula mikro organisme juga butuh makanan untuk perkembangannya.Maka kali ini yg kita gunakan adalah gula pasir.
Larutkan 1liter air dgn 5 sdm gula pasir.Stlh itu masukkan larutan gula ini ke dalam mangkok yg berisi nasi berjamur tadi. Aduk hingga tercampur semua diremas remas kalau perlu supaya halus.(sebaiknya gunakan sarung tangan)

SARAN PENGGUNAAN :

Untuk dipakai sebagai starter kompos larutkan MOL & air dengan perbandingan 1:20.Cara memakainya disiram langsung ke media tanam sebaiknya jangan terkena batang dan daun. Artinya jika MOL nya 1sdm,airnya 20 sdm.Jika MOL nya 1liter maka airnya 20 liter dst.Gunakan kelipatannya seperti pada prinsip pengenceran.Tujuannya agar tidak terlalu pekat dan merusak media tanaman.Penyiraman MOL bisa dilakukan seminggu sekali atau seminggu 2x.

Source: Mitalom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *