Himbauan Dari Fahira Idris Terkait Penolakan Jenazah Pasien Corona

 

  Oleh :  @fahiraidris

Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di 34 Provinsi di Indonesia, untuk MENGHORMATI DAN MENERIMA PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19 di wilayah masing2..
Jangan sampai terjadi penolakan pemakaman jenazah pasien Corona di daerah mu .Berikut saya jelaskan lebih rinci :

 

1. SUDAH ADA PROTOKOL
Pemakaman jenazah terinfeksi Covid-19 sudah memiliki protokol tertinggi mulai dari pengurusan jenazah, shalat jenazah (bagi yang muslim) dan penguburan jenazah sehingga masyarakat sekitar tidak perlu khawatir.

 

2. MUI juga telah mengeluarkan Fatwa Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang terinfeksi COVID-19. Pedoman itu dibuat untuk mencegah terjadinya penularan virus dari jenazah ke orang yang sehat.

 

3. MENJALANKAN PERINTAH AGAMA
Dalam hukum Islam orang yang masih hidup wajib memperlakukan jenazah dengan hormat. Umat Islam yang wafat karena wabah Covid-19 dalam pandangan syara’ termasuk kategori syahid akhirat dan hak-hak jenazahnya wajib dipenuhi, yaitu sbb:

 

4. Umat Islam yg wafat krn wabah Covid-19 dlm pandangan syara’ tmasuk kategori syahid akhirat dan hak2 jenazahnya wajib dipenuhi, yaitu dimandikan, dikafani, dishalati, & dikuburkan, yang pelaksanaannya wajib menjaga keselamatan petugas dengan mematuhi ketentuan2 protokol medis.

 

5. BAHU-MEMBAHU, SALING MENGISI DAN MEMAHAMI
Saat ini bangsa kita sedang dalam situasi prihatin karena wabah corona. Sudah seribu lebih saudara kita sebangsa setanah air terjangkit dan diantaranya sudah dipanggil sang pencipta.

 

6. ‘Penawar’ dari situasi prihatin dan bencana seperti ini adalah saling bahu-membahu, saling mengisi dan memahami salah satunya adalah dengan MENGHORMATI DAN MENERIMA PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19.

 

7. Sekian dan Terima Kasih

Wassalammualaikum.wr.wb

Mari kita MENGHORMATI DAN MENERIMA PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *