Kegunaan dan Kandungan MOL Untuk Berbagai Macam Kebutuhan Tanaman

MOL (Mikroorganisme Lokal) merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk dimanfaatkan menjadi pupuk sehingga tidak merusak lingkungan.MOL ini sangat banyak sekali manfaatnya, karena sangat berperan penting dalam dunia Pertanian Organik

Thread by : https://twitter.com/excel_dee?s=09

 

1. MOL Nasi Mengandung bakteri Sacharomycees dan lactobacilus. Mengandung mikroorganisme pengurai dan penyubur tanaman.

2. MOL Sabut kelapa + Jerami Manfaat dan Kandungan: Kaya akan unsur K (Kalium) Bermanfaat sbgai pestisida nabati (Dengan catatan jeraminya tdk berpenyakit ) Baik utk campuran MOL pisang.

3. MOL Aneka Buah Manfaat dan Kandungan : Sebagai perangsang bunga dan buah meningkatkan kualitas buah seperti daya tahan dan menambah rasa manis buah. Jenis bakteri yang terdapat seperti pseudomona sp. Bacillus s,bakteri pelarut phospat dan Azospirillum sp, dll. Sebagai pengurai bahan organik atau pembuat kompos. Jangan diberikan pada masa vegetatif karena akan menghambat pertumbuhan. Berikan pada masa generatif pada saat tanaman berbunga.

4. MOL Aneka Sayur Manfaat & Kandungan : Mengandung mikroorganisme pengurai dan penyubur tanaman Mengandung Sitokinin,karbohidrat, pseudomona,aspergilus dan laktobacillus.

5. MOL Buah Maja/Brenuk Manfaat dan Kandungan: Mengandung ZPT tinggi,glukosa, toxine serta NitrogenPengganti gula pada MOL Bambu

6. MOL Rebung Bambu Manfaat dan Kandungan : Mengandung C Organik,Giberellin, Azotobacter dan Azospirillum yang tinggi untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat.

7. MOL Keong Mas Manfaat & Kandungan : Mengandung Auksin & Enzim, protein,Azotobacter,Azospirillium,mikroba pelarut phospat,Staphylococcus,pseudomona. Utk hortikultura bisa melebatkan dan memperbesar buahnya.

8. MOL Bonggol Pisang Mengandung Giberellin dan Sitokinin Mengandung bakteri Azospirillium, Azotobacter,Bacillus,Aeromonas, Aspergillus,mikroba pelarut Phospat
Dan mikroba selulotik. Dekomposer utk perangsang bunga & buah biar lebat. Dan masih banyak lagi.

Contoh MOL dari nasi basi

Dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat.
Salam Petani Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *