Kekuatan Besar Pergerakan Muhammadiyah Di Kebumen

INDONESIAPRESS.NET , Muhammadiyah lahir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pergerakannya signifikan membantu kemerdekaan. Paska Indonesia merdeka, Muhammadiyah menjadi salah satu penopang kekuatan besar menegakkan persatuan. Jerih payah kader, dapat dirasakan segenap warga negara Indonesia.

Saat ini, Muhammadiyah masih dalam koridornya menjaga marwah pergerakan organisasi mengutamakan akhlak dan kesejahteraan umat. Secara nasional, jumlah kader dan simpatisan Muhammadiyah menacapai puluhan juta.

Berbicara di Kebumen, Muhamadiyah memiliki pengaruh besar. Terlihat dari jumlah amal usaha dan kader yang dimiliki. Tercatat, Muhammadiyah Kebumen mempunyai sejumlah Baitul Maal wa Tamwil (BMT), puluhan sekolah tingkat dasar hingga menengah, beberapa perguruan tinggi, dan empat rumah sakit ternama di Kebumen.

Kemudian dari segi sumber daya manusianya, Muhammadiyah mendirikan organisasi-organisasi sayap, seperti Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Nasyiyatul Aisyiyah, dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah. Maka dari itu, tidak heran putra-putri Muhammadiyah telah menduduki posisi-posisi strategis dan berpengaruh di Kebumen.

Untuk mendukung lebih berdayaguna bagi masyarakat Kebumen. Muhammadiyah juga mempunyai badan amil zakat, bernama Lazizmu, yang saat ini memliki dana perputaran yang luar biasa, untuk memberikan kebermanfaatan sosial. Untuk kegawatdaruratan bencana, Muhammadiyah membuat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), yang siap berada di tengah-tengah masyarakat.

“Segala kiprah dan program Muhammadiyah, termaktub sesuai dengan tiga pilar amanat Muktamar, yaitu Ekonomi, Pendidikan, dan Kesehatan. Dakwah Muhammadiyah melingkupi segala lini dalam kehidupan manusia. Amanat dalam Muktamar terus diperjuangkan. Alhamdulillah di Kebumen segala lini dari tiga pilar tersebut masih terus berproses ke arah yang baik,” papar Sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kebumen, Mul`an Anafati, S.S,

Cita-cita kedepan, Muhammadiyah terus meningkatkan mutu dan kualitas, serta keaktifan seluruh sumber daya manusia yang tersebar di ranting hingga cabang, “Harapan ke depan, segala aspek amanat tiga pilar mampu diemban dan dilaksanakan bersama dengan menggerakan seluruh kader, yang terdapat di Kabupaten Kebumen”, tandas Mul’an. (CM34)

MRAPAT.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *