Khasiat Daun Kenikir Untuk Melawan Kangker

Indonesiapress.net

Semua artikel herbal ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Jadi saran saya konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal.

Thread oleh : @excel_dee

Tanaman kenikir mempunyai nama latin “Cosmos caudatus” termasuk dalam keluarga asteraceae. Berasal dari Amerika Latin dan dibawa ke Asia Tenggara. Pengujian laboratorium bahwa daun kenikir kaya akan asam askorbat dan asam klorogenik.

Selain itu masih ada beberapa kandungan daun kenikir lainnya, yaitu:

Kalsium, Magnesium, Flavonoid Tokoferol,Polifenol,Saponin, Terpenoid,Kuersetin,Alkohol Koniferil,Vit A, VitC, VitE, dan Protein.
Dimasa lalu tanaman ini digunakan sebagai obat anti malaria yang kuat dan kini tanaman ini telah terbukti secara efektif mampu melawan sel kanker juga

 

1.Obat Maag dan lemah lambung

Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol,polifenol & hidrokseugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga menguatkan otot sphingter lambung yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun kenikir dapat merebusnya dengan menambahkan garam lalu memakannya dalam bentuk lalapan.

 

2.Obat lemah Jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel sel yang rusak . Jika di area jantung senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Anda dapat merebus 5 lembar daun kenikir dengan 250ml air, lalu meminum air rebusannya 2x sehari.

 

3.Obat Kanker

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin,terpenoid,flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara,kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin,tetapi tetap minum air putih.

 

4.Obat Gondongan

Cara nya: Tumbuk daun kenikir sampai halus,lalu campurkan cuka dengan perbandingan 1:1 dioleskan pada bagian yang sakit 3x sehari
Daun kenikir dengan senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat meredakan peradangan akibat gondongan.

 

5.Obat Payudara Bengkak

Daun kenikir dapat mengobati payudara bengkak akibat terus menerus mengeluarkan ASI.

Caranya: Ambil beberapa helai daun kenikir,bakar dgn api kecil hingga layu,usapkan ke sekitar payudara selagi hangat,lakukan 3x sehari.


Kesaksian   :     Rima Melati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *