Loyalis Zulhas di DPW PAN Malut Pecat Lima Ketua DPD

Kondisi yang sangat bertolak belakang hanya karena berbeda pilihan dan dukungan pada Caketum , loyalis berbuat semena mena. Ini yang menggerogoti Partai dari dalam, sudah saatnya di hentikan

Tragis, jelang kongres PAN, loyalis Zulhas mulai main kuda kayu, melakukan pemecatan ketua-ketua DPD PAN yang berbeda pilihan. Kali ini terjadi di Maluku Utara. Melalui sambungan telepon, ketua DPD PAN Halmahera Selatan; Nahrawi Rabul menuturkan, ia dipecat karena punya pilihan caketum PAN selain Zulkifli Hasan.

Ketua DPW BM PAN Malut ini juga katakan, hal yang sama pula terjadi pada ketua DPD PAN lainnya yang ikut diberhentikan oleh DPW. Menurut Nahrawi, sikap mereka tak bersama Zulhas dikarenakan petahana ini dianggap gagal memimpin partai selama lima tahun.

Kronologi bermula dari perdebatan para ketua DPD PAN Malut dalam WhatsApp group tentang sikap DPW yang ikut deklarasi dukung Zulhasan. Padahal, di tingkat DPW, belum ada Rakerwil. Oleh sebab itu, sikap politik ketua DPW PAN Malut mendapat protes keras dari DPD karena mendahului mekanisme pengambilan keputusan di tingkat DPW.

Dalam diskusi itu, ketua DPD PAN Halmahera Selatan Nahrawi, secara terang-terangan menyatakan tidak mendukung Zulhas. Pernyataannya kemudian di-capture dan di-share luas ke jajaran DPW PAN Malut.

Malam setelah Rakernas PAN di Jakarta 7 Desember 2019, dalam suasana kumpul bersama DPW PAN loyalis Zulhas lainnya, Nahrwai ditelpon oleh ketua DPW PAN Malut saudaraku Majid Hasen. Dalam pembicaraan lewat sambungan telepon, ketua DPW memastikan bahwa apakah Nahrawi mengeluarkan pernyataan sebagaimana yang ter-capture. Dan Nahrawi kepada Majid, menyatakan, itu adalah sikap politiknya. Masih dalam obrolan yang sama, ketua DPW PAN Malut sampaikan, atas sikap tersebut Nahrawi akan menerima akibatnya.

Tak selang sehari, Ketua DPD PAN Halsel ini dihubungi pihak sekretariat DPW PAN Malut, bahwa ia sudah diberhentikan sebagai ketua DPD PAN Halsel. Sementara, Nahrawi tak tahu duduk persoalan, apa hal paling fatal yang telah dilanggarnya sesuai AD/ART PAN hingga diberhentikan sebagai ketua DPD PAN Halsel.

Menurutnya, dengan duduk persoalan yang sama, empat ketua DPD PAN di Malut juga diberhentikan. Menurutnya, latar belakang dari pemecatan ketua DPD ini sama, yaitu, karena berbeda pilihan politik dengan ketua DPW PAN Malut sebagai loyalis Zulhas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *