Manfaat Batang Pisang Sebagai Media Tanaman

 

Menanam di batang pisang
                  Menanam Di Batang Pisang

Thread by :  https://twitter.com/excel_dee?s=09

Media tanam yang dibutuhkan tumbuh tanaman telah bervariasi untuk saat ini. Penanaman diatas lahan yang telah dilakukan sejak nenek moyang dahulu kala sudah dianggap tidak relevan untuk beberapa komoditas,media tanam di era sekarang ini tidak bisa dipisahkan dari rasa ingin tahu dari kebutuhan nutrisi yang tepat oleh tanaman dan memaksimalkan hasil panen.

Hidroponik dipakai sebagai cara baru tanam yang tidak memakai tanah.
Tanaman yang diberi media lain seperti kerikil,pasir,sabut kelapa atau hanya styrofoam sebagai tanaman penyangga dalam larutan nutrisi

Pohon pisang dan bambu bisa menggantikan talang air untuk berkebun sayur,menanam jamur dan lain lain.
Bahkan batang pisang memiliki keuntungan yang mengandung banyak pati sbgai sumber nutrisi tanaman dan mikroorganisme di dalamnya.

Pohon pisang juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon,saponin dan flavonoid. Pada manusia antrakuinon bermanfaat untuk menyuburkan rambut.

Peran senyawa dalam tanaman juga bisa membantu pertumbuhan rambut akar yang berguna untuk membantu tanaman menyerap nutrisi. Batang pisang mengandung 80% air.

Batang pisang bisa digunakan untuk berkebun sayuran.
Caranya adalah :

1.Buat penyangga kayu utk menahan batang pisang yang akan ditempatkan horisontal.Lalu lubangi batang pisang dengan lebar sekitar 15 cm dan 10 cm dengan menggunakan pisau.Jarak antara lubang yaitu 25-20 cm sepotong batang pisang bisa dibuat 2 jalur lubang

2.Setelah lubang jadi isilah dengan tanah atau sampah organik media tanam ke dalam lubang tanam.

3.Diamkan selama 2-3 hari sebelum benih sayuran di tanam sesuai keinginan kita.
Penanaman di batang pisang bisa digunakan 2-3 kali panen tanaman sayuran.Tergantung pada kondisi batang pisang dan jenis tanaman sayurannya.

Sumber : MooRing 11-12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *