PAN , Certain Death Atau Possible Death

 

“The Burning Platform”

Strategi penyelamatan organisasi di saat kritis.

Lepas pantai Scotlandia 1988, ketika anjungan minyak setinggi 150 kaki di atas laut itu terbakar hebat…

Andy Mochan, hanya punya waktu beberapa detik di tengah hujan api untuk memutuskan, ““It was fry or jump”, melompat atau bertahan. Pilihannya hanya dua, “certain death” pasti mati jika bertahan di anjungan… dan “possible death” mungkin mati jika terjun. Andy memilih “jump”, memilih yang “mungkin”.

Lompatan Mochan ternyata menciptakan teori baru dalam dunia management, “The Burning Platform”. Strategi penyelamatan organisasi di saat kritis.

Kondisi PAN saat ini sangat mirip dengan anjungan Alpha Oil itu. Dan saya sangat haqul yakin Pak Amien melihat dan merasakan itu. Untuk itulah beliau berijtihad.

Membaca arah ijtihad Pak Amien setelah berbicara 1,5 jam di rumah beliau… mencermati visi Mulfachri setelah bicara 2 jam dengannya… akhirnya saya mendukung sepenuhnya pasangan MH untuk maju sebagai Caketum-Casekjen PAN. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada calon2 lain.

Saya sangat meyakini Pak Amien punya pertimbangan yang sangat khusus berkenaan dengan situasi dan kondisi politik saat ini. Beliau teruji dalam soal ini. Maka dengan tetap memberi kritik dan masukan… saya pikir… inilah saatnya mengatakan “Sami’na Waatho’na”… di saat yang mungkin akan jadi era2 akhir perjuangan dan pengabdian beliau.

Sebagai salah satu pendiri dan pencipta lambang PAN… saya berharap agar PAN ke depan memberi peran yang lebih bagi DPD dan DPW untuk berkiprah… karena itulah salah satu persoalan terbesar yang dihadapi PAN selama ini. Dengan MH, kami sepakat soal ini. Dan terakhir… saya meyakini bahwa setiap caketum akan tetap berada dalam posisi yang terhormat jika tidak terpilih.

Selamat berkongres
Joko Santoso Handipaningrat
Pencipta Lambang PAN
Wakil Sekjen 1999 - 2004
Anggota DPR-RI 2004 - 2009

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *