Pentingnya Idiology Partai

 

 

Ideology merupakan sekumpulan gagasan atau ide untuk merumuskan suatu pandangan yang terarah dan menjadi track atau jalan menuju tujuan

 

Oleh : Eneng Humaeroh, MA
Filsafat Univ. Paramadina

Kongres adalah ajang tertinggi dalam mengevaluasi keberlangsungan partai selama satu periode. Keputusan yang diambil dalam kongres merupakan suatu petunjuk atau guiden kepengurusan yang akan datang. Substansi kongres tidak hanya memilih ketua umum yang baru tetapi sistem dan mekanisme kepartaian harus diperhatikan sedemikian rupa seperti penegasan kembali idiology partai.

Apa itu ideology? Ideology merupakan sekumpulan gagasan atau ide untuk merumuskan suatu pandangan yang terarah dan menjadi track atau jalan menuju tujuan. Setiap orang harus memiliki ideology agar memiliki patokan dalam mencapai tujuan. Sehingga seseorang dalam mencapai tujuannya tidak keluar dari rel atau dia memiliki petunjuk yang jelas dan tegas, dengan begitu dia tidak akan tersesat didalam perjalanan menuju tujuannya.

Dalam kesempatan ini kita berharap kongres mampu menghasilkan petunjuk yang dapat digunakan oleh PAN ke depan, sehingga partai tidak oleng kekanan atau kekiri. Partai memiliki rule of law dalam mengarungi lautan politik nasional. Apa yang mengguide partai agar partai berjalan dalam tracknya dan konsisten dalam.perjuangan? Jawabannya adalah ideology partai.

PAN tidak memiliki ideology partai? Pada ajang LKAU tahun 2016 penulis pernah mempertanyakan tentang ideology partai, tetapi tidak ada satupun yang dapat menjelaskan ideology partai. Para elit saat itu seperti bingung, tidak mau menjawab dengan tegas bahkan masih samgat ngambang. Seiring berjalannya waktu ternyata ideology partai belum pernah dikumpulkan dalam satu bentuk arsip berharga PAN atau sebuah kitab rujukan petunjuk perjuangan partai, sehingga PAN berjalan pada berada pada track yang benar. Namun kita melihat realitasnya partai berjalan sesuai keinginan ketua umum PAN yang sedang berkuasa.

Pentingkah ideology lahir dalam kongres? Jawabannya sangat penting. Karena akan menentukan arah kebijakan dan sikap partai ke depan. Dalam kepentingan politik seperti dukungan calon presiden, dukungan gubernur atau bupati/walikota, petunjuk ideology akan menjadikan partai memiliki _value_ Mengapa memilih atau mendukung capres, cagub dan cabup/cawalkot. Ideologylah yang akan menjadi pertimbangan politik dalam sikap politik. Bukan seperti sekarang ini, partai mau kemana, ketua umumnya mau kemana. Bahkan seringkali ketua umum partai memutuskan sikap politik tidak melibatkan semua unsur pengurus apalagi memiliki value.

Jadi PAN tidak memiliki ideology? Tentu saja punya, hanya ideology ini perlu ada wadah formalnya sehingga kebijakan partai akan terkontrol. Ideology tidak serta merta dapat difahami oleh kader atau pengurus, tetapi ideology ini harus dituangkan dalam sebuah kitab *Ideology PAN* agar semua orang tahu bahwa partai reformis memiliki karakter tersendiri dan khusus. Arah gerakannya jelas tidak abu-abu. Maka dengan demikian partai memiliki track yang benar dan memiliki pembeda dari partai lainnya.

Bagaimana ideology dituangkan dalam sebuah kitab? PAN membutuhkan suatu wadah legitimasi untuk mengawal perjalanan partai, yakni _Majelis Ideology_. Majelis ini bertugas mengcanalisasi pandangan para pendiri partai, tujuan didirikannya partai bahkan cita-cita yang ingin dicapai oleh partai, _yakni turut membentuk peradaban dunia_. Pandangan ini akan menjadi petunjuk, cara pandang dan juga track perjalanan partai.

Kongres kali ini harus menghasilkan perubahan yang mendasar agar ketua umum yang terpilih memiliki langkah yang tepat dan berada dijalannya. Ketua umum terpilih akan menakhkodai partai sesuai dengan karakter reformasi. Dengan demikian partai kembali pada cita-cita awal pada saat dilahirkan, yakni cita-cita reformasi. Dan perjuangan ini harus kita dorong dalam kongres untuk melahirkan keputusan yang memiliki _nilai_ dimasa yang akan datang. Saatnya semua peserta berjuang agar ideology partai menjadi guiden kita dalam berpolitik. Semua peserta harus bersatu memperjuangkan hal yang substansi jika ingin perubahan, dan jika ingin partai ini adil pada setiap kadernya.

 

#KongresPAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *