Erwin ST Ketua KPU Bontang

Tahapan Penyelenggaraan Pilkada Bisa Berubah

IndonesiaPress.net, Bontang. Tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah kembali dilanjutkan Juni 2020, usai sempat terhenti gegara pandemi Covid-19.

Kendati pandemi belum berakhir, Pilkada serentak hampir dipastikan diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

Ketua KPU Bontang, Erwin ST mengatakan pihaknya dalam kesiapan mengaktifkan kembali badan adhoc mereka ( PPK dan PPS ). Selain itu mempersiapkan infranstruktur pelaksanaan tahapan pemutakhiran data.

“Kami bakal mengaktifkan PPS, PPK dan persiapan proses rekrutmen tenaga PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih),” katanya. Ditambahkan Erwin, tahapan pemutakhiran data untuk Pencocokan dan Penelitian (Coklit) bisa berjalan tak seperti sebelumnya.

Bila pada setiap Pemilihan PPDP berjibaku mendatangi setiap rumah tangga untuk memutakhirkan data agar bersifat mutakhir, akurat dan komprehensif. Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir, teknis pelaksanaan tahapan bisa berubah.

“Termasuk dengan pemutakhiran data. Ada rencana pakai sistem langsung ke RT, tapi itu masih jadi pembahasan KPU RI,” tuturnya.

Lebih lanjut, wacana tersebut lahir lantaran memperhatikan konsep physical distancing sesuai protokol kesehatan Covid-19. Selain itu meminimalisir resiko penyebaran virus dengan mengurangi pergerakan petugas KPU menyambangi rumah warga.

“Kita juga perhatikan kesehatan petugas di lapangan. Jangan sampai door to door, kesehatan terlupakan, resisten juga kalau dilakukan (di tengah pandemi),” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *