Tahukah Kamu : Manfaat Dari Ketela Rambat Selain Membuat Kita Kenyang ?

 

Thread oleh : @excel_dee

Tanaman dengan nama latin ” Ipomoea Batatas L “

Ubi jalar merupakan jenis tanaman budidaya. Yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini adalah buah dari akarnya dan daunnya.

Kandungan kimia pada ubi jalar adalah :

lemak
protein,
karbohidrat,
kalori
Serat,
abu,
kalsium,
fosfor,
zat besi,
karoten,
Vitamin B1,B2,C
asam nikotinat.

Menurut Pakar Tanaman Obat Prof.Hembing Wijayakusuma,ubi jalar memiliki sifat kimia manis,dingin,astringen. Efek farmalogisnya berkhasiat sebagai tonik,menghentikan pendarahan.

Ubi jalar bisa dimanfaatkan untuk mengobati Diabetes.

Caranya: ambil 100gr ubi jalar, 15gr kulit bligo,50gr biji alpukat direbus dengan 1 liter air sisakan 1/2 liter. Lalu saring dan minum airnya,sedangkan ubinya dimakan.

Ubi jalar mencegah kebutaan

Menurut WHO rata rata orang yang mengalami kebutaan biasanya terjadi karena kelurangan vitamin A.Ubi jalar memiliki kandungan Beta Karoten yang dapat diubah menjadi vit A oleh tubuh sehingga dapat mencegah kebutaan.

Ubi jalar bisa membantu proses penurunan berat badan

Ubi jalar memiliki kandungan senyawa indeks glikemik rendah, kandungan yang terkandung dalam ubi jalar adalah serat. Kehebatan lain dalam ubi jalar adalah dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan zat adipnectin. Adipnectin adalah hormon untuk mengatur gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Dr.Shahidul Islam dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat dalam setiap 100gr daun ubi jalar mengandung:

117 mg kalsium,
1,8 mg besi,
3,5 mg karoten,dan juga mengandung
7,2 mg Vit C, 1,6 mg
Vit E, 0,5 mg
Vit K,
Vit B,
betakaroten dan
protein.

Beberapa manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan diantaranya :

1.Daun ubi jalar utk obat bisul

Ambil 10 gr daun ubi jalar yg masih segar,cuci hingga bersih,lalu tumbuk sampai lumat dan tempelkan pada bisul.

2.Daun ubi jalar untuk obat Demam Berdarah

Pakailah1ikat ubi jalar lalu rebus dgn1 liter air,stlh dingin saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira kira 1liter setiap hari.

3.Daun ubi jalar untuk obat rabun

Pakailah 1/2 ikat daun ubi jalar merah lalu cuci bersih lalu diparut kemudian dicampur dgn 3 sdm air masak ditambah 2 sdm maduKemudian diperas & disaring. Minum 3XSehari sampai sembuh.

4.Daun ubi jalar untuk obat mabuk perjalanan

Pakailah ubi jalar secukupnya,cuci bersih dan dimakan sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

5.Daun ubi jalar utk obat sakit tenggorokan

Ambil daun ubi jalar secukupnya cuci bersih,jemur hingga kering,tumbuk halus lalu seduh. Minumlah di pagi hari.

6.Daun ubi jalar utk obat cacingan dan susah buang air besar

Buat jus dari daun ubi jalar atau merebus daun ubi jalar dan meminum air rebusan tsb.

7.Daun ubi jalar untuk obat bronchitis

Kandungan Vit C, zat besi,dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis.Ubi jalar juga diyakini dapat menghangatkan badan (rasa manis dan nutrisi lainnya)

8.Daun ubi jalar utk obat Arthritis

Kandungan betakaroten, magnesium,seng dan Vit B komplek menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang tepat unutk mengatasi arthritis.Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

9.Daun ubi jalar untuk obat kanker

Kandungan daun ubi jalar berfungsi untuk mencegah dan mengobati kanker sebagai berikut Betakaroten,antioksidan,antikarsinogen utama dan Vit C sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker terutama kanker kokon,usus halus,prostat,ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.

10.Daun ubi jalar untuk obat radang lambung

Kandungan yang terdapat dalam daun ubi jalar adalah Vit B komplek,betakaroten,kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung.Selain itu serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam sehingga akan menurunkan kemungkinan radang lambung.

12.Daun ubi jalar untuk obat diabetes

Makanan ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi bukan berarti pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan.Mereka bisa mengganti asupan nasi,atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *