Tahukah Kamu ? Warna Beras Tidak Hanya Putih

 

Thread oleh : @excel_dee

Mengapa warna beras bisa berbeda beda? Hal ini disebabkan karena perbedaan gen yang mengatur warna aleuron,warna endospermia,dan komposisi pati pada endospermia.

Jenis Jenis Beras dan Manfaatnya

 

1.Beras Putih

Warna putih pada beras ini diperoleh
Dari padi yg sdh digiling dan dibersihkan.Karena sudah melalui banyak proses untuk mendapatkan warna putihnya,beras ini jadi mempunyai kandungan gizi lebih rendah
dan GI (Glycemic Index) lebih tinggi dibanding beras lainnya.
Manfaat beras putih antara lain: mengurangi gangguan pencernaanSeperti diare & radang usus besar serta jg mengurangi morning sickness bagi ibu hamil.

 

2.Beras Merah

Beras merah memiliki tekstur lebih keras dibandingkan beras putih. Karena itulah banyak yang tidak menyukai beras jenis ini.Meskipun begitu beras merah memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga jumlah zat besi dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah dan insulin.
Kandungan Vit B6 juga penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotanin dan sel darah merah yang penting dalam produksi sel DNA.Beras merah mendapat warna dari antioksidan yang disebut anthocyanin yang berwarna ungu atau kemerahan.Senyawa ini diyakini bisa membantu mengurangi peradangan,alergi,menurunkan resiko kanker dan membantu menurunkan berat badan.

3 Beras Ketan

Beras jenis ini memiliki manfaat kesehatan karena nengandung zat tembaga yang bisa memperkuat jaringan ikat,Mendukung sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi otak.

 

4.Beras Brasmati

Beras ini berasal dari India.Satu cangkir beras brasmati memiliki kandungan serat 20% lebih banyak jika dibandingkan dengan beras lain.Beras jenis ini juga bisa memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

 

5.Beras Cokelat

Beras ini memiliki bentuk dan warna hampir sama dengan beras merah. Beras ini selain rendah pati dan kalori didalamnya juga sangat tinggi akan serat larut.
Kandungan minyak sehat
Beras ini jg memiliki Indeks Glikemik yang rendah.Dalam beras ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

 

6.Beras Hitam

Sesendok beras hitam mengandung lebih banyak antioksidan dan anthocyanin.Ini memberikan manfaat kesehatan lebih besar dibandingkan sesendok blueberry yang kandungan gulanya sedikit namun kaya serat,vitamin dan Antioksidan.Kandungan zat inflamasi dan antioksidan-nya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya bermanfaat untuk mengobati alzheimer dan diabetes.

7.Beras Jasmine

Beras ini memiliki harga lebih mahal dibandingkan jenis beras lainnya.Hal ini dikarenakan beras ini Memiliki aroma yg harum dan menggugah selera.Warnanya pun sangat putih jika dibandingkan dgn beras putih.Selain beras jasmine ada juga beras pandan yang memiliki aroma seperti daun pandan.

Beras lurik perpaduan 3 jenis beras.
Beras hitam,merah dan cokelat

 

Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *