Tani Gotong Royong

 

Program Tani Gotong Royong bukanlah program untuk mencetak buruh tani, akan tetapi mencetak pemuda yang mencintai pertanian secara paripurna. Kami di Berkarya Network mengemas program bertani bersama di lahan yang juga telah kami siapkan.

Program Tani Gotong Royong adalah konsep yang mengusung semangat gotong royong ; kami Berkarya Network selaku penyedia lahan dan bimbinga teknis, kemudian ada kelompok pemodal, dan kelompok SDM (Pemuda produktif ) yang kesemuannya kami satukan dalam wadah koprasi.

Ketiga elemen tersebut memiliki hak dan kewajiban yg sama, dalam porsi yang telah ditentukan ; sebagai berikut itu disatukan dalam wadah Koprasi. Kami tidak hanya bertani, kamipun berternak, juga memasarkan sektor wisata edukasi : “desa mandiri pangan dan energi”

Pada sektor pertanian, kami membagi jenis tanaman wajib ; jangka pendek, menengah dan panjang, sehingga dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek menengah pun panjang (saving) dari angota kelompok Tani Gotong Royong yg tergabung dalam wadah koprasi.

Untuk menampung penjualan hasil pertanian dan peternakannya-pun, kami membuat jaringan warung makan cepat saji ; “warung gotong royong,”Jaringan warung pun akan dibentukkan wadah koprasi-nya. Selain itu kami juga bekerjasama dengan pihak pasar dan pengepul sayuranu

Sampai hari ini, dari awal kami memulai menjalankan program tsb, yg kami sosialisasikan melalui diskusi rutin mingguan ; dua kelompok Tani Gotong Royong sudah siap untuk mulai menggarap lahan(Desember) dan jelang hari pelaksanaan kami lebih intensif melakukan diskusi.

Kami juga bekerjasama dengan bale latihan; “Bale Olah, (  Balaraja  @ari93724970 ) untuk melatih SDM yang akan terjun/bergabung dalam program “Tani Gotong Royong” ini. Mohon doa rekan-rekan sekalian agar dimuluskan segala niat. Salam #Berkarya.

Oleh :   @Ardy_network

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *